Disusun oleh:
Fajar Nugraha
Wahyu 11140910000013
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIFHIDAYATULLAH
JAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan
tugas makalah ini.
Tujuan yang akan di dapat dari mata
kuliah ini adalah untuk memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam
membangun sistem dan juga manusialah yang harus diperhatikan karena nantinya
ialah yang akan menggunakan sistem yang dibangun itu.
Makalah ini berisi untuk memenuhi tugas
yang membahas tentang “Interaksi Manusia dan Komputer”.
Saya menyadari bahwa makalah
ini masih
banyak kekurangan dan hal-hal lain sehingga makalah ini dirasa belum sempurna. Hal ini
disebabkan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan menyusun. Untuk itu saya
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan dan
meningkatkan kualitas makalah ini.
Pamulang , September 2015
Penulis
Penulis
Fajar Nugraha Wahyu
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
………………………………………………………………
i
KATA PENGANTAR
…………………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………. iii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................................
1
1.1 Latar Belakang …………………………………………………………. 1
1.2
Tujuan …………….. …………………………………………………… 1
BAB II LANDASAN
TEORI………………………………………………….…… 2
BAB III INTERAKSI MANUSIA DAN
KOMPUTER……………………………. 3
3.1
HUMANIS………………………………………………………….…… 3
3.2
KOMPUTER………………………………………………………..…… 4
3.3
INTERAKSI……..…………………………………………………….… 4
3.4 PARADIGMA………………………………..……………………………
7
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................................
10
4.1
Kesimpulan
............................................................................................. 10
4.2
Saran ............................................................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA
............................................................................................... iii
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Jasa sering dipandang sebagai suatu fenomena
yang rumit. Kata jasa itu sendiri mempunya banyak arti, dari mulai pelayanan
pribadi sampai jasa sebagai suatu produk. (Rambat Lupiyoadi:2013). Sebenarnya
banyak pakar mengemukakan mengenai apaitu jasa, seperti yang dikemukakan oleh
kotler (2004) dalam Rambat Lupianto (2013) mendefinisikan jasa adalah setiap
tindakan dan kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain, pada
dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan apapun.
Produksi jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak.
Banyak sekali contoh dari usaha jasa itu
sendiri seperti: Jasa Reparasi, Salon, Rumah Sakit, sekolah dan juga
transportasi yang pada kesempatan ini kami pilih untuk kami angkat dalam blue
print usaha jasa yang kami jalankan.
Dengan didukung banyaknya jumlah perguruan
tinggi di kota malang baik PTN maupun Non PTM dan membludaknya mahasiswa yang
menempuh studi di perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut maka usaha jasa
tranportasi di kota malang sangat dibutuhkan karena notabennya mahasiswa
tersebut berasal dari luar kota malang, dan tidak menutuk kemungkinan mahasiswa
yang asalnya dari kota malang juga membutuhkan jasa transportasi ini karena
jasa transportasi ini memberi kemudahan kepada konsumennya yang memakai jasa
tersebut.
Go-Jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi
yang ada di Jakarta yang beroperasi sejak tahun 2011, Go-Jek merupakan pionir
penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan,
keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya, Go-Jek tumbuh sebagai startup
yang menjanjikan di ibukota. Untuk mengurangi permasalahan penyediaan uang
tunai, Go-Jek menawarkan solusi e-wallet Go-Jek Credit. Bisa dibilang Go-Jek
laksana Uber versi ojek yang cocok dimanfaatkan untuk mengantarkan barang,
sarana transportasi, dan bahkan membantu kegiatan berbelanja di belantara
Jakarta.
1.2 Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam mata
kuliah ini adalah :
● Mampu memahami proses kerja ojek
online
● Mampu memahami penjelasan tentang
interaksi manusia dan komputer
● Mampu memahami manusia sebagai
sumber daya terpenting dalam membangun system.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Handphone
semakin hari semakin berkembang mulai dari fitur sampai kebentuknya. Jaman
dahulu Handphone hanya memiliki bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara
manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. Salah satu
contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa
pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln. Hingga sekarang sampai dimana tampilan
Hamdphone sudah memanjakan mata dengan bentuk dialog atau komunikasi antara
manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh
antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Karena seiring
dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan internet pun tak
terhindarkan. Banyaknya fasilitas yang dapat digunakan menjadikan alasan
mengapa Internet sangat dibutuhkan di tengah kaum masyarakat. Dari anak-anak
sampai orang dewasa semuanya sudah mengenal internet dan sudah tahu bagaimana
menjalankannya. Tidak perlu kaya atau miskin semuanya dapat menggunakan
internet dengan adanya Hotspot yang tersebar di segala penjuru daerah. Tak
heran internet dari sebelumnya merupakan kebutuhan sekunder atau kebutuhan
tambahan dalam artian masih bisa hidup walaupun tidak ada internet. Akan
tetapi, sekarang internet telah menjadi kebutuhan primer seiring dengan
jalannya waktu di mana hampir setiap hari masyarakat menggunakan internet.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa kehidupan masyarakat tidak
terlepas dari kebutuhan akan internet.
Sistem pemesanan ojek menggunakan aplikasi via online sudah
menggunakan system yang modern dan profesional. Ojek online via internet
memiliki sebuah system pre-booking yaitu memesan ojek pada waktu sebelumnya.
Seluruh layanan dalam aplikasi ini juga terintegrasi dengan GPS pada ponsel.
Jadi ketika online mengirimkan sebuah barang, belanja, atau menjemput dan
mengantar penumpang, dapat dilacak dengan mudah melalui peta yang terdapat pada
aplikasi. Dengan fitur GPS ini, posisi ojek bisa langsung dipantau melalui
smartphone. Sistem pembayaran pada aplikasi ini pun sangat mudah untuk
dilakukan. Selain membayar dengan uang tunai, beberapa ojek online juga
menerima pilihan pembayaran credit. Pada aplikasi ini tersedia pilihan “My
Wallet”. Isinya adalah informasi mengenai uang digital yang kita miliki. Credit
ini cara kerjanya menggunakan saldo yang telah diisi terlebih dahulu. Seperti
pulsa ponsel, kita bisa melakukan pengisian saldo melalui ATM terdekat
BAB III
ANALISA
3.1 HUMANIS
Di
era globalisasi ini, dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama
dunia teknologi. Bisa dikatakan, saat ini masyarakat dunia hidup didalam dunia
teknologi karena dapat kita lihat bahwa pada zaman sekarang ini manusia tidak
dapat lepas dari teknologi. Perkembangan teknologi saat ini dapat kita lihat
dari semakin banyaknya teknologi canggih yang bermunculan seperti smartphone,
smartwatch dan lain-lain. Teknologi-teknologi canggih ini dapat membantu
manusia dalam beraktivitas. Teknologi-teknologi canggih yang saat ini
bermunculan, juga didukung oleh system dan aplikasi yang dapat membantu
aktivitas manusia. Di Indonesia pun kini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang
bermunculan, baik aplikasi untuk hiburan manusia ataupun aplikasi yang dibuat
oleh sebuah perusahaan untuk kebutuhan bisnis nya.
Di
Indonesia saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyadari ketergantungan
masyarakat terhadap teknologi sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan
kemajuan dan manfaat-manfaat teknologi serta ketergantungan masyarakat terhadap
teknologi dengan membuat sebuah aplikasi bisnis yang berguna untuk menjalankan
bisnisnya. Selain memberikan manfaat untuk sebuah perusahaan, sebuah aplikasi
bisnis juga memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Contohnya saat ini sudah
banyak sekali perusahaan transportasi umum yang membuat sebuah aplikasi yang
sangat berguna bagi masyarakat seperti aplikasi milik blue bird yang berguna
untuk memesan taksi bluebird secara online dan yang saat ini sedang banyak
diperbincangkan orang yaitu aplikasi Go-Jek.
Permasalahan
kemacetan di Jakarta ternyata membawa ide seseorang untuk membuka sebuah
bisnis. Go-Jek adalah sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis
pesanan. Selama ini kendaraan umum yang dapat dipesan secara online adalah
taksi, tapi saat ini dengan munculnya aplikasi Go-Jek, kita pun dapat memesan
jasa ojek menggunakan system online. Go-Jek pun kini hadir pada ponsel berbasis
iOS dan Android. Aplikasi ini dapat di download secara gratis pada PlayStore
untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna Apple. Aplikasi Go-Jek ini
telah menarik banyak minat masyarakat dan sangat banyak diminati oleh
masyarakat luas terutama masyarakat Jakarta karena ojek yang merupakan kendaran
motor roda dua ini dianggap sangat berguna untuk menembus kemacetan jalanan
Jakarta dibandingkan kendaraan umum lainnya seperti bajaj, taksi dan metromini.
3.2 KOMPUTER
Layanan utamanya yaitu mengantar penumpang ke tempat tujuan, Go-Jek
juga melayani beberapa layanan yaitu layanan antar jemput barang (instant
courier) dan layanan pemesanan makanan, belanja, tiket dan lain sebagainya
(shopping service). Khusus layanan shopping, Go-Jek hanya melayani pembelanjaan
dibawah Rp 1 Juta. Untuk mengetahui tarif dan pangkalan Go-Jek terdekat yang
akan anda pesan, anda bisa mengetahuinya dengan mengakses website Go-jek.
Sistem pemesanan ojek
menggunakan aplikasi Go-Jek sudah menggunakan system yang modern dan
profesional. Go-Jek memiliki sebuah system pre-booking yaitu memesan ojek pada
waktu sebelumnya. Seluruh layanan dalam aplikasi ini juga terintegrasi dengan
GPS pada ponsel. Jadi ketika Go-Jek mengirimkan sebuah barang, belanja, atau
menjemput dan mengantar penumpang, dapat dilacak dengan mudah melalui peta yang
terdapat pada aplikasi. Dengan fitur GPS ini, posisi ojek bisa langsung
dipantau melalui smartphone.
Dengan menggunakan GO-JEK app, kamu dapat memesan GO-JEK Driver
untuk mengakses semua layanan kami.
Masukan alamat kamu untuk mengetahui biaya penggunaan layanan. Gunakan
layanan ‘Use my location’ untuk mengarahkan Driver ke tempat kamu berada.
Setelah kamu mengkonfirmasi pesanan, teknologi location-based kami akan mencarikan mencarikan Driver yang posisinya paling dekat dengan kamu. Setelah seorang Driver ditugaskan, kamu dapat melihat foto Driver, mengirimkan sms dan juga meneleponnya. Aplikasi ini bisa di download melalui playsote ataupun appstore.
Setelah kamu mengkonfirmasi pesanan, teknologi location-based kami akan mencarikan mencarikan Driver yang posisinya paling dekat dengan kamu. Setelah seorang Driver ditugaskan, kamu dapat melihat foto Driver, mengirimkan sms dan juga meneleponnya. Aplikasi ini bisa di download melalui playsote ataupun appstore.
3.3 INTERAKSI
Bidang
ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang
bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang
interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Interaksi
dimulai dari keinginan manusia menggunakan layanan ini untuk mengantar dirinya
atau membeli makanan ataupun ingin minta dibelikan sesuatu. Diulai dari membuka
aplikasi gojek yang telah terinstal di handphonenya lalu memilih menu yang
tersedia sesuai kebutuhan.
Tinggal memilih layanan apa yang
dibutuhkan kita. Mudah dimengeti dan sangat user friendly disemua kalangan.
Lalu pilih darimana kita dan lokasi
yang akan dituju. Di peta terlihat pengojek Gojek yang ada di dekat kita. Lalu
tekan Next,maka akan muncul jarak dan tarif yang harus ditempuh dan dibayar
oleh penggunanya.
Setelah pengguna menemui tukang
ojeknya, tukang ojek itu harus memncet menu pick up yang artinya pelanggan
sudah bersama kita. Setelah sampai tujuan kita bisa memberikan penilaian kepada
tukang ojek tadi dengan memberinya bintang dan komentar. Cukup mudah dan sangat
praktis dijaman yang sudah serba modern ini.
Faktor keamanan penumpang merupakan prioritas utama dari Go-Jek
Indonesia. Keamanan Go-Jek dapat dilihat dari para pengemudi ojek yang sudah
berpengalaman dan memiliki izin mengendara. Pengemudi Go-Jek ini juga
dilengkapi seragam resmi berupa jaket dan helm yang bergambar identitas
perusahaan Go-Jek. Penumpang pun dapat mengetahui identitas pengemudi yang datang
menjemputnya melalui smartphonenya saat memesan ojek melalu aplikasi Go-Jek.
Keuntungan lainnya adalah Go-Jek menyediakan masker dan helm berstandar SNI
secara gratis untuk keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Go-Jek Indonesia pun
kini berencana untuk memberikan asuransi kecelakaan untuk setiap penumpang
yang memesan ojek melalui Go-Jek ini.
3.4 PARADIGMA
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara
manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu
tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah
antarmuka (interface).
Schumpeter menjelaskan sebagai berikut:
Schumpeter menjelaskan sebagai berikut:
…process of
industrial mutation that incessantly revolutionizes the economic structure from
within, incessantly destroying the old one, incessantly creating a new one.
Pada
dasarnya, teori Schumpeter lebih terlihat pada skala makro. Jadinya agak sulit
diaplikasikan ke skala mikro. Contoh kemajuan yang pernah kita lalui adalah
bergesernya koran cetak digantikan koran digital, textbook cetak digantikan
e-book, atau telepon umum diganti telepon genggam. Dalam setiap kasus itu,
selalu ada sesuatu yang harus hancur dulu sebelum munculnya sesuatu yang
baru.Tentunya perubahan ini tidak terjadi begitu saja. Selalu muncul pihak yang
melawan proses kehancuran ini. Kadang mereka berhasil. Seringnya, mereka malah
tersingkir karena preferensi pasar lebih memihak produk baru ini. Akhirnya
sistem ekonomi yang lama hancur, digantikan oleh sistem baru yang lebih
diterima.
Sekarang
coba kita aplikasikan teori Schumpeter ke dalam kasus Gojek.
Pertama,
kita punya technopreneur berbakat yang mendirikan Gojek. Tujuannya adalah
merevolusi sistem ojek konvensional yang cenderung tidak berpihak pada
konsumen. Pendiri Gojek ingin menjadikan ojek konvensional yang tidak teratur
menjadi lebih teroganisir, bukan saja per wilayah, tapi per kota. Pada
dasarnya, dia ingin membuat sebuah armada ojek raksasa yang berfungsi seperti
sebuah perusahaan jasa yang handal.
Kedua,
kita punya ojek konvensional. Abang-abang ojek yang sering mangkal di
perempatan dan menunggu penumpang. Mereka masih beroperasi secara berantakan,
tanpa adanya struktur organisasi yang jelas, klasemen tarif, ataupun jaminan
keselamatan penumpang. Pokoknya, bisnis mereka dilakukan asal-asalan. Sebuah
sistem yang masih sangat mencerminkan mental pemalak yang terselubung.
Di
sini, kita bisa memposisikan Gojek sebagai agen kemajuan kreatif dan ojek
konvensional sebagai “calon korban” kemajuan kreatif. Tentunya dalam kasus ini,
yang akan dihancurkan adalah sistem, bukan abang-abang ojek secara harfiah.
Tapi penulis setuju ojek konvensional dihancurkan secara harfiah dan baik -
baik. Dengan semakin berkembangnya Gojek, ojek konvensional merasa khawatir
atas eksistensi mereka yang semakin tergusur. Sistem lama mereka, yang
sesungguhnya seperti palakan halus, mulai digantikan oleh sebuah sistem
yang lebih efisien dan berpihak pada pelanggan. Ditambah lagi, pelayanan,
sebuah kata yang mungkin sangat asing bagi seorang ojek konvensional, menjadi
salah satu aspek yang semakin memperkuat kedudukan Gojek sebagai agen kemajuan
kreatif yang berbahaya bagi ojek konvensional. Dengan memanfaatkan teknologi
yang sudah dipegang ribuan orang kelas menengah Indonesia, Gojek memiliki
keunggulan telak atas ojek konvensional.
Akhirnya,
ojek konvensional melakukan perlawanan dengan satu-satunya cara yang mereka
tahu: “Hajar Langsung”. Agen kemajuan kreatif dipaksa bertekuk lutut
di hadapan kekuatan mentah. Ancaman melayang. Sayangnya, aksi-aksi ini malah
meningkatkan dukungan pelanggan kepada agen kemajuan kreatif dan malah
menurunkan tingkat apresiasi terhadap calon korban kemajuan kreatif. Jadi
singkatnya, kasus Gojek vs ojek konvensional ini adalah salah satu contoh kecil
kemajuan kreatif yang semakin sering terjadi akibat perkembangan teknologi.
Siapapun yang tidak bisa beradaptasi akan hancur, seperti kata Darwin
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Untuk
menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem
tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan
dan meningkatkan keamanan (safety), ketergunaan (usability), efektifitas
(efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya
tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup
lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja
atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan
bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik
secara individu ataupun kelompok. Mengacu kepada
fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan
efesiensi kerjanya. Maka yang praktis dan amanlah yang akan lebih mudah beradaptasi
sekarang ini.
4.2 Saran
Untuk kemajuan teknologi smartphone ataupun computer maka diharapkan agar perkembangan
teknologi kedepan mampu mengubah pola
fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan
inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas
hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan komputer dapat dimanfaatkan
sesuai dengan kegunaan.Kemajuan computer ataupun smartphone dimasa mendatang
diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu
menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan
semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan sistem komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Joseph
Schumpeter, Capitalism, Socialism and Democracy, 1942
TUGAS
PERTAMA
10 Pertanyaan yang saya tidak
mengerti :
1. Bagaimana
caranya mengidentifikasi konsep/paradigma dari teknologi/aplikasi yang sudah
ada?
2. Bagaimana
cara menghilangkan persepsi yang sudah tertanam didalam jiwa dan telah merasuk
untuk menerima persepsi baru yang datang?
3. Apa
perbedaan konsep dengan paradigm?
4. Dimanakah
peran manusia isini lebih banyak sebagai objek atau subjek dalam penggunaan
teknologi?
5. Ketika kita
sudah mendengar,membaca dan menyentuh apa yang kita analisi tapi belum measakan
apa yang kita analisi , langkah apa selanjutnya yang bisa kita jalankan?
6. Apa beda
Sensory memory dan short term memori dalam kerja suatu sistem termasuk manusia?
7. Apa Inductive
reasoning?
8. Dari semua teori dalam pemecahan masalah,teori yang mana yang
harus kita ikuti agar mencari jalan yang terbaik?
9. Dalam interaksi diutamakan menu yang apik,bagaimana kalo
penggunanya difabel?ada solusi terbaik kah?
10. Apa itu paradigma? Masih belum mengerti secara menyeluruh.
0 Response to "MAKALAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER"
Post a Comment