MAKALAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

TUGAS 
Tugas untuk memenuhi nilai Tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer


Disusun oleh:
Fajar Nugraha Wahyu               11140910000013                                 



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIFHIDAYATULLAH
JAKARTA
2015




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Tujuan yang akan di dapat dari mata kuliah ini adalah untuk memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun sistem dan juga manusialah yang harus diperhatikan karena nantinya ialah yang akan menggunakan sistem yang dibangun itu.
Makalah ini berisi untuk memenuhi tugas yang membahas tentang Interaksi Manusia dan Komputer”.
            Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan hal-hal lain sehingga makalah ini dirasa belum sempurna. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan menyusun. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan dan meningkatkan kualitas makalah ini.
           
                                                                                         Pamulang September 2015
                                                                                                         Penulis
                                                                                                  
                                                                                               Fajar Nugraha Wahyu

                                                                                                              




DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  ………………………………………………………………           i
KATA PENGANTAR  ……………………………………………………………..           ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….            iii

BAB I PENDAHULUAN..........................................................................................           1
1.1 Latar Belakang ………………………………………………………….            1
1.2 Tujuan …………….. ……………………………………………………           1

BAB II LANDASAN TEORI………………………………………………….……          2

BAB III INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER…………………………….         3
3.1 HUMANIS………………………………………………………….……          3
3.2 KOMPUTER………………………………………………………..……          4
3.3 INTERAKSI……..…………………………………………………….…         4
3.4 PARADIGMA………………………………..……………………………         7

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................................         10
4.1 Kesimpulan    .............................................................................................          10
4.2 Saran ............................................................................................................        10 

DAFTAR PUSTAKA  ...............................................................................................           iii






BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Jasa sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata jasa itu sendiri mempunya banyak arti, dari mulai pelayanan pribadi sampai jasa sebagai suatu produk. (Rambat Lupiyoadi:2013). Sebenarnya banyak pakar mengemukakan mengenai apaitu jasa, seperti yang dikemukakan oleh kotler (2004) dalam Rambat Lupianto (2013) mendefinisikan jasa adalah setiap tindakan dan kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksi jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak.
Banyak sekali contoh dari usaha jasa itu sendiri seperti: Jasa Reparasi, Salon, Rumah Sakit, sekolah dan juga transportasi yang pada kesempatan ini kami pilih untuk kami angkat dalam blue print usaha jasa yang kami jalankan.
Dengan didukung banyaknya jumlah perguruan tinggi di kota malang baik PTN maupun Non PTM dan membludaknya mahasiswa yang menempuh studi di perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut maka usaha jasa tranportasi di kota malang sangat dibutuhkan karena notabennya mahasiswa tersebut berasal dari luar kota malang, dan tidak menutuk kemungkinan mahasiswa yang asalnya dari kota malang juga membutuhkan jasa transportasi ini karena jasa transportasi ini memberi kemudahan kepada konsumennya yang memakai jasa tersebut.
Go-Jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi yang ada di Jakarta yang beroperasi sejak tahun 2011, Go-Jek merupakan pionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya, Go-Jek tumbuh sebagai startup yang menjanjikan di ibukota. Untuk mengurangi permasalahan penyediaan uang tunai, Go-Jek menawarkan solusi e-wallet Go-Jek Credit. Bisa dibilang Go-Jek laksana Uber versi ojek yang cocok dimanfaatkan untuk mengantarkan barang, sarana transportasi, dan bahkan membantu kegiatan berbelanja di belantara Jakarta.

1.2  Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam mata kuliah ini adalah :
● Mampu memahami proses kerja ojek online
● Mampu memahami penjelasan tentang interaksi manusia dan komputer
● Mampu memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun system.



BAB II
LANDASAN TEORI

Handphone semakin hari semakin berkembang mulai dari fitur sampai kebentuknya. Jaman dahulu Handphone hanya memiliki bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln. Hingga sekarang sampai dimana tampilan Hamdphone sudah memanjakan mata dengan bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual BasicVisual FoxproDelphi dan lain-lain).
Karena seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan internet pun tak terhindarkan. Banyaknya fasilitas yang dapat digunakan menjadikan alasan mengapa Internet sangat dibutuhkan di tengah kaum masyarakat. Dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya sudah mengenal internet dan sudah tahu bagaimana menjalankannya. Tidak perlu kaya atau miskin semuanya dapat menggunakan internet dengan adanya Hotspot yang tersebar di segala penjuru daerah. Tak heran internet dari sebelumnya merupakan kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan dalam artian masih bisa hidup walaupun tidak ada internet. Akan tetapi, sekarang internet telah menjadi kebutuhan primer seiring dengan jalannya waktu di mana hampir setiap hari masyarakat menggunakan internet. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa kehidupan masyarakat tidak terlepas dari kebutuhan akan internet.
Sistem pemesanan ojek menggunakan aplikasi via online sudah menggunakan system yang modern dan profesional. Ojek online via internet memiliki sebuah system pre-booking yaitu memesan ojek pada waktu sebelumnya. Seluruh layanan dalam aplikasi ini juga terintegrasi dengan GPS pada ponsel. Jadi ketika online mengirimkan sebuah barang, belanja, atau menjemput dan mengantar penumpang, dapat dilacak dengan mudah melalui peta yang terdapat pada aplikasi. Dengan fitur GPS ini, posisi ojek bisa langsung dipantau melalui smartphone. Sistem pembayaran pada aplikasi ini pun sangat mudah untuk dilakukan. Selain membayar dengan uang tunai, beberapa ojek online juga menerima pilihan pembayaran credit. Pada aplikasi ini tersedia pilihan “My Wallet”. Isinya adalah informasi mengenai uang digital yang kita miliki. Credit ini cara kerjanya menggunakan saldo yang telah diisi terlebih dahulu. Seperti pulsa ponsel, kita bisa melakukan pengisian saldo melalui ATM terdekat




BAB III
ANALISA


3.1 HUMANIS
Di era globalisasi ini, dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama dunia teknologi. Bisa dikatakan, saat ini masyarakat dunia hidup didalam dunia teknologi karena dapat kita lihat bahwa pada zaman sekarang ini manusia tidak dapat lepas dari teknologi. Perkembangan teknologi saat ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya teknologi canggih yang bermunculan seperti smartphone, smartwatch dan lain-lain. Teknologi-teknologi canggih ini dapat membantu manusia dalam beraktivitas. Teknologi-teknologi canggih yang saat ini bermunculan, juga didukung oleh system dan aplikasi yang dapat membantu aktivitas manusia. Di Indonesia pun kini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bermunculan, baik aplikasi untuk hiburan manusia ataupun aplikasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk kebutuhan bisnis nya.
Di Indonesia saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyadari ketergantungan masyarakat terhadap teknologi sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan kemajuan dan manfaat-manfaat teknologi serta ketergantungan masyarakat terhadap teknologi dengan membuat sebuah aplikasi bisnis yang berguna untuk menjalankan bisnisnya. Selain memberikan manfaat untuk sebuah perusahaan, sebuah aplikasi bisnis juga memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Contohnya saat ini sudah banyak sekali perusahaan transportasi umum yang membuat sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi masyarakat seperti aplikasi milik blue bird yang berguna untuk memesan taksi bluebird secara online dan yang saat ini sedang banyak diperbincangkan orang yaitu aplikasi Go-Jek.
Permasalahan kemacetan di Jakarta ternyata membawa ide seseorang untuk membuka sebuah bisnis. Go-Jek adalah sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis pesanan. Selama ini kendaraan umum yang dapat dipesan secara online adalah taksi, tapi saat ini dengan munculnya aplikasi Go-Jek, kita pun dapat memesan jasa ojek menggunakan system online. Go-Jek pun kini hadir pada ponsel berbasis iOS dan Android. Aplikasi ini dapat di download secara gratis pada PlayStore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna Apple. Aplikasi Go-Jek ini telah menarik banyak minat masyarakat dan sangat banyak diminati oleh masyarakat luas terutama masyarakat Jakarta karena ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini dianggap sangat berguna untuk menembus kemacetan jalanan Jakarta dibandingkan kendaraan umum lainnya seperti bajaj, taksi dan metromini.

3.2 KOMPUTER
Layanan utamanya yaitu mengantar penumpang ke tempat tujuan, Go-Jek juga melayani beberapa layanan yaitu layanan antar jemput barang (instant courier) dan layanan pemesanan makanan, belanja, tiket dan lain sebagainya (shopping service). Khusus layanan shopping, Go-Jek hanya melayani pembelanjaan dibawah Rp 1 Juta. Untuk mengetahui tarif dan pangkalan Go-Jek terdekat yang akan anda pesan, anda bisa mengetahuinya dengan mengakses website Go-jek.
 Sistem pemesanan ojek menggunakan aplikasi Go-Jek sudah menggunakan system yang modern dan profesional. Go-Jek memiliki sebuah system pre-booking yaitu memesan ojek pada waktu sebelumnya. Seluruh layanan dalam aplikasi ini juga terintegrasi dengan GPS pada ponsel. Jadi ketika Go-Jek mengirimkan sebuah barang, belanja, atau menjemput dan mengantar penumpang, dapat dilacak dengan mudah melalui peta yang terdapat pada aplikasi. Dengan fitur GPS ini, posisi ojek bisa langsung dipantau melalui smartphone.
Dengan menggunakan GO-JEK app, kamu dapat memesan GO-JEK Driver untuk mengakses semua layanan kami.  Masukan alamat kamu untuk mengetahui biaya penggunaan layanan. Gunakan layanan ‘Use my location’ untuk mengarahkan Driver ke tempat kamu berada.
Setelah kamu mengkonfirmasi pesanan, teknologi location-based kami akan mencarikan mencarikan Driver yang posisinya paling dekat dengan kamu. Setelah seorang Driver ditugaskan, kamu dapat melihat foto Driver, mengirimkan sms dan juga meneleponnya. Aplikasi ini bisa di download melalui playsote ataupun appstore.

3.3 INTERAKSI
Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Interaksi dimulai dari keinginan manusia menggunakan layanan ini untuk mengantar dirinya atau membeli makanan ataupun ingin minta dibelikan sesuatu. Diulai dari membuka aplikasi gojek yang telah terinstal di handphonenya lalu memilih menu yang tersedia sesuai kebutuhan.
review gojek voucher credit gojek 3.PNG
Tinggal memilih layanan apa yang dibutuhkan kita. Mudah dimengeti dan sangat user friendly disemua kalangan.
gojek-jakarta-transportation-alternative.jpg
Lalu pilih darimana kita dan lokasi yang akan dituju. Di peta terlihat pengojek Gojek yang ada di dekat kita. Lalu tekan Next,maka akan muncul jarak dan tarif yang harus ditempuh dan dibayar oleh penggunanya.
gojek_01.jpg 

Setelah pengguna menemui tukang ojeknya, tukang ojek itu harus memncet menu pick up yang artinya pelanggan sudah bersama kita. Setelah sampai tujuan kita bisa memberikan penilaian kepada tukang ojek tadi dengan memberinya bintang dan komentar. Cukup mudah dan sangat praktis dijaman yang sudah serba modern ini.
11375866_129768820688145_1425143875_n.jpg
Faktor keamanan penumpang merupakan prioritas utama dari Go-Jek Indonesia. Keamanan Go-Jek dapat dilihat dari para pengemudi ojek yang sudah berpengalaman dan memiliki izin mengendara. Pengemudi Go-Jek ini juga dilengkapi seragam resmi berupa jaket dan helm yang bergambar identitas perusahaan Go-Jek. Penumpang pun dapat mengetahui identitas pengemudi yang datang menjemputnya melalui smartphonenya saat memesan ojek melalu aplikasi Go-Jek. Keuntungan lainnya adalah Go-Jek menyediakan masker dan helm berstandar SNI secara gratis untuk keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Go-Jek Indonesia pun kini berencana untuk memberikan asuransi kecelakaan untuk setiap penumpang yang  memesan ojek melalui Go-Jek ini.

3.4 PARADIGMA
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Schumpeter menjelaskan sebagai berikut:
…process of industrial mutation that incessantly revolutionizes the economic structure from within, incessantly destroying the old one, incessantly creating a new one.

Pada dasarnya, teori Schumpeter lebih terlihat pada skala makro. Jadinya agak sulit diaplikasikan ke skala mikro. Contoh kemajuan yang pernah kita lalui adalah bergesernya koran cetak digantikan koran digital, textbook cetak digantikan e-book, atau telepon umum diganti telepon genggam. Dalam setiap kasus itu, selalu ada sesuatu yang harus hancur dulu sebelum munculnya sesuatu yang baru.Tentunya perubahan ini tidak terjadi begitu saja. Selalu muncul pihak yang melawan proses kehancuran ini. Kadang mereka berhasil. Seringnya, mereka malah tersingkir karena preferensi pasar lebih memihak produk baru ini. Akhirnya sistem ekonomi yang lama hancur, digantikan oleh sistem baru yang lebih diterima.
Sekarang coba kita aplikasikan teori Schumpeter ke dalam kasus Gojek.
Pertama, kita punya technopreneur berbakat yang mendirikan Gojek. Tujuannya adalah merevolusi sistem ojek konvensional yang cenderung tidak berpihak pada konsumen. Pendiri Gojek ingin menjadikan ojek konvensional yang tidak teratur menjadi lebih teroganisir, bukan saja per wilayah, tapi per kota. Pada dasarnya, dia ingin membuat sebuah armada ojek raksasa yang berfungsi seperti sebuah perusahaan jasa yang handal.
Kedua, kita punya ojek konvensional. Abang-abang ojek yang sering mangkal di perempatan dan menunggu penumpang. Mereka masih beroperasi secara berantakan, tanpa adanya struktur organisasi yang jelas, klasemen tarif, ataupun jaminan keselamatan penumpang. Pokoknya, bisnis mereka dilakukan asal-asalan. Sebuah sistem yang masih sangat mencerminkan mental pemalak yang terselubung.
Di sini, kita bisa memposisikan Gojek sebagai agen kemajuan kreatif dan ojek konvensional sebagai “calon korban” kemajuan kreatif. Tentunya dalam kasus ini, yang akan dihancurkan adalah sistem, bukan abang-abang ojek secara harfiah. Tapi penulis setuju ojek konvensional dihancurkan secara harfiah dan baik - baik. Dengan semakin berkembangnya Gojek, ojek konvensional merasa khawatir atas eksistensi mereka yang semakin tergusur. Sistem lama mereka, yang sesungguhnya seperti palakan halus, mulai digantikan oleh sebuah sistem yang lebih efisien dan berpihak pada pelanggan. Ditambah lagi, pelayanan, sebuah kata yang mungkin sangat asing bagi seorang ojek konvensional, menjadi salah satu aspek yang semakin memperkuat kedudukan Gojek sebagai agen kemajuan kreatif yang berbahaya bagi ojek konvensional. Dengan memanfaatkan teknologi yang sudah dipegang ribuan orang kelas menengah Indonesia, Gojek memiliki keunggulan telak atas ojek konvensional.
Akhirnya, ojek konvensional melakukan perlawanan dengan satu-satunya cara yang mereka tahu: “Hajar Langsung”. Agen kemajuan kreatif dipaksa bertekuk lutut di hadapan kekuatan mentah. Ancaman melayang. Sayangnya, aksi-aksi ini malah meningkatkan dukungan pelanggan kepada agen kemajuan kreatif dan malah menurunkan tingkat apresiasi terhadap calon korban kemajuan kreatif. Jadi singkatnya, kasus Gojek vs ojek konvensional ini adalah salah satu contoh kecil kemajuan kreatif yang semakin sering terjadi akibat perkembangan teknologi. Siapapun yang tidak bisa beradaptasi akan hancur, seperti kata Darwin





BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan
Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Maka yang praktis dan amanlah yang akan lebih mudah beradaptasi sekarang ini.

4.2  Saran
Untuk kemajuan teknologi smartphone ataupun computer  maka diharapkan agar perkembangan teknologi  kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.  Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya Interaksi manusia dan komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan.Kemajuan computer ataupun smartphone dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan sistem komputerisasi.






DAFTAR PUSTAKA



Joseph Schumpeter, Capitalism, Socialism and Democracy, 1942



TUGAS PERTAMA

10 Pertanyaan yang saya tidak mengerti :
1. Bagaimana caranya mengidentifikasi konsep/paradigma dari teknologi/aplikasi yang sudah ada?
2. Bagaimana cara menghilangkan persepsi yang sudah tertanam didalam jiwa dan telah merasuk untuk menerima persepsi baru yang datang?
3. Apa perbedaan konsep dengan paradigm?
4. Dimanakah peran manusia isini lebih banyak sebagai objek atau subjek dalam penggunaan teknologi?
5. Ketika kita sudah mendengar,membaca dan menyentuh apa yang kita analisi tapi belum measakan apa yang kita analisi , langkah apa selanjutnya yang bisa kita jalankan?
6. Apa beda Sensory memory dan short term memori dalam kerja suatu sistem termasuk manusia?
7.  Apa Inductive reasoning?
8. Dari semua teori dalam pemecahan masalah,teori yang mana yang harus kita ikuti agar mencari jalan yang terbaik?
9. Dalam interaksi diutamakan menu yang apik,bagaimana kalo penggunanya difabel?ada solusi terbaik kah?
10. Apa itu paradigma? Masih belum mengerti secara menyeluruh.


0 Response to "MAKALAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER"

Post a Comment